OSS Akan Diluncurkan, KPID Sulsel Gelar Bimtek Perizinan Online

119

MAKASSAR – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sulawesi Selatan menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perizinan melalui Online Single Submission (OSS) di Aswin Hotel, (Kamis, 8 November 2018.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 8 hingga 9 November tersebut, dibuka langsung oleh Ketua KPID Sulsel, Mattewakkan. Dengan tema “Pelayanan Perizinan Berusaha Lembaga Penyiaran Terintegrasi Secara Elektronik”. Sebanyak 70 orang peserta yang berasal dari berbagai lembaga penyiaran seperti radio, televisi, dan LPB TV kabel di Sulawesi Selatan hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan Bimtek Perizinan tersebut diselenggarakan dengan tujuan agar seluruh lembaga penyiaran di Sulawesi Selatan bisa lebih dulu mengenal sistem Online Single Submission (OSS) sebelum diluncurkan.

Online Single Submission (OSS) merupakan salah satu elemen kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017.

KPID Sulsel juga turut mengundang beberapa instansi terkait yang bertindak sebagai narasumber, yakni dari pihak  Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo RI, Kordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran KPI Pusat, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kls 1 Makassar, Mantan Ketua KPID Sulsel (Alem Febri Sonni), Wakil Ketua KPID Sulsel (Waspada Santing), dan Kordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sulsel (Herwanita).

Adapun rangkaian acara dalam Bimtek ini adalah sosialisasI mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai sistem OSS, serta simulasi pengoperasian OSS.

Melalui kegiatan Bimtek ini diharapkan lembaga penyiaran dapat memahami dan mengetahui segala aturan tentang tata cara proses perizinan yang baru.

~Dea