Bupati Bone Hadiri Bimtek Penguatan SDM Pelaku Usaha Penyiaran Radio dan Tv

61

KPIDSulsel – Bupati Bone H. A. Fahsar M. Padjalangi, didampingi Sekretaris Daerah, H. Andi Islamuddin menghadiri pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Sumber Daya Penyiaran Radio dab TV berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone, Jl Jend Ahmad Yani, Kamis, (12/08/2021).

Kegiatan tersebut digagas oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone.

Nampak hadir dalam kegiatan bimtek yakni Ketua KPID Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Bone, dan para peserta pelaku penyiaran dari Radio dan Tv.

Selain itu, kegiatan Bimtek tersebut juga dipandu moderator Jurnalis Tv yakni Bahtiar Parenrengi, pemateri Akademisi Universitas Hasanuddim Unhas Dr Andi Lukman, dan 6 Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan.

Bupati Bone Dr. H.A. Fahsar M Padjalangi, M.Si mengungkapkan bahwasanta peran penyiaran kedepan sangatlah penting dalam memberikan edukasi dan informasi masyarakat.

“Karena berita dan informasi yang hadir dari Radio dan TV sangat bisa dipertanggung jawabkan dibandingan dengan informasi yang lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kata A Fahsar, pemerintah daerah sangat mendukung perkembangan penyiaran di Kabupaten Bone.

”Pemerintah sudah memberikan lahan kepada TVRI dan RRI, jadi tidak terlalu lama akan dibangun Stadion TVRI dan RRI pada tahun 2022 yang mencover beberapa kabupaten kota di sekitar Kabupaten Bone,” lanjutnya.

Ia pun juga berharap dengan hadirnya KPID selaku narasumber dapat memberikan pencerahan dan bimbingan bagi pelaku penyiaran.

“Tidak tertutup di Bone banyak Radio berkembang tanpa ijin ini perlu mendapatkan pembinaan bagaimana cara prosedur bagaimana mendirikan Radio misalnya. Tidak serta merta mematikan Radio dan semangat penyiaran,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone Andi Amran, mengatakan bahwasanya bimtek ini bertujuan agar terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) profesional dalam bidang penyiaran.

“Juga tersedianya lembaga penyiaran di Kabupaten Bone yang dapat menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol, perekat sosial, dan pemersatu bangsa,” kata Andi Amran.

Dikatakan, A Amran, dasar hukum pelaksanaannya kegiatan yakni, UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Swasta, Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Berlangganan.