Cegah Kepunahan, India Wajibkan Radio FM Hadir di Smartphone Baru

Jakarta —¬†Beberapa tahun yang lalu, smartphone hadir dengan Radio FM bawaan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tren tersebut telah hilang dan terjadi penurunan yang signifikan dalam pengiriman ponsel baru dengan Radio FM.

Saat ini, fitur Radio FM sebagian besar hanya bisa ditemukan di ponsel konvensional dan beberapa perangkat kelas bawah. Kini, pemerintah India telah mengeluarkan imbauan kepada pembuat smartphone di negara tersebut untuk memastikan Radio FM diaktifkan dan tersedia di perangkat.

Penyiaran radio adalah salah satu cara komunikasi tertua, paling efektif, dan dapat diandalkan. Ini digunakan untuk mengirim peringatan dan peringatan kepada publik jika terjadi keadaan darurat dan bencana.

Mereka bertindak sebagai penghubung komunikasi yang penting antara pemerintah daerah dan masyarakat. Selain itu, Radio FM juga menawarkan akses informasi dan hiburan. Langkah untuk membuat Radio FM dapat diakses di telepon pintar adalah untuk menjembatani kesenjangan digital dan menawarkan layanan radio di daerah pedesaan dan terpencil di mana orang tidak dapat menawarkan perangkat radio yang berdiri sendiri. Ini akan membuat layanan tersedia untuk semua warga negara di masa-masa sulit.

Karena perannya yang vital tadi, sekaligus untuk mencegah kepunahan radio, pemerintah India mengharuskan fitur Radio FM untuk hadir di smartphone-smartphone terbaru. Wajib. Dan tidak boleh tersedia untuk dihapus.

Menteri Elektronika dan Teknologi Informasi India (MeitY) menyatakan, fitur FM Radio tidak boleh dinonaktifkan jika sudah built-in di smartphone. Selain itu, jika perangkat tidak memilikinya, maka harus disertakan.

Dilansir dari Gizmochina, sebagian besar chipset smartphone terkini mendukung fitur Radio FM. Namun seringnya, fitur ini justru dinonaktifkan oleh OEM atau perusahaan pembuat smartphone.

Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, Apple misalnya, tidak menyediakan Radio FM di iPhone-nya. Begitu juga dengan kebanyakan pembuat ponsel lainnya. Atas hal tersebut, pemerintah India telah mengeluarkan nasihat kepada Indian Cellular and Electronics Association (ICEA) dan Manufacturers’ Association for Information Technology (MAID). Tujuannya adalah untuk memastikan Radio FM dapat diakses dengan mudah melalui telepon pintar tanpa kecuali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here